Tiga Tempat Wisata Favorit Yang Ada Di Banjarnegara

Kalau mendengar nama Banjarnegara, mungkin yang terlintas dalam fikiran kita adalah “minuman dawet ayu” yang sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu wisata kuliner Banjarnegara. Selain itu kota di Jawa Tengah ini memiliki berbagai makanan /minuman khas lainnya seperti diantaranya soto krandegan, combro kalipalet etc.

Selain memiliki berbagai aneka kuliner, ternyata Banjarnegara memiliki berbagai objek wisata yang dapat menjadi referensi wisata saat kita berkunjung kesana. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit informasi Tempat Wisata Banjarnergara yang sudah sangat terkenal di Kota tersebut bahkan luar daerah sekalipun. Berikut Tiga Tempat Wisata favorit yang ada di Banjarnegara :

Kawasan Wisata Dieng dan Komplek Perumahan Para Dewa

Mungkin selama ini kawasan wisata dieng terkenal dengan Wonosobo yang  sebagian wilayahnya terletak di batas administratif Banjarnegara yaitu di Desa Dieng Kulon dan merupakan bagian dari Kecamatan Batur, Kab. Banjarnegara. Wilayah ini sering disebut  tempat bersemayamnya para dewa, kamu bisa merasakan kesejukan udara yang ada di ketinggian sekitar 2.000 m dari permukaan laut sambil menikmati keindahan alam yang menawan. Beberapa destinasi wisata di Dieng yang terletak di kawasan Dieng Kulon diantaranya Kawah Sileri yang menjadi kawah paling luas di Dieng, Kawah Candradimuka, lalu juga ada Sumur Jalatunda, serta Telaga Drigo. Agar dapat mencapai kawasan wisata Dieng ini, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar lebih 1 jam kalau dari pusat kota Banjarnegara.

Curug Sirawe

Lokasinya berada di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur. Disini  kamu bisa menemukan sebuah air terjun cantik yang menjadi salah satu wisata favorit di Banjarnegara, namanya Curug Sirawe. Air yang jatuh dar atasi ketinggian sekitar 80 meter ini cukup unik, konon airnya ada yang dingin dan ada juga yang panas. Jadi kamu dapat bermain air samapi puas tanpa takut kedinginan. Curug atau air terjun Sirawe tidak begitu ramai didatangi wisatawan karena akses menuju lokasi yang cukup sulit. Kalau dari pintu masuk kawah Sileri, kamu masih dapat menggunakan kendaraan hingga  titik tertentu; kemudian perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Tapi, usahamu tak akan sia-sia saat sudah tiba di lokasi Curug Siraweyang akan menyambutmu dengan gemercik air dan kesejuakan udara alam sekitar.

Curug Pitu

Kira-kira kenapa ya namanya Curug Pitu ? Jawabannya adalah karena tingkatan air terjun yang menyerupai tangga dengan jumlah 7 buah aliran. Kira-kira seperti tangga dari khayangan yang ada di film-film lah Hehe. Di bawah jatuhnya air terjun terdapat sebuah genangan air, nah disini kamu busa mandi dan bermain air sepuasnya. Tak hanya itu saja, nuansa alam sekitar yang Nampak asri membuat setiap pengunjungnya ingin berlama-lama di tempat ini, pohon-pohon rindang dan udara segar turut menambah kealamian Curug Pitu. Letak Curug Pitu berada di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh. Akses menuju lokasi cukup mudah untuk dilalui. Kamu ikuti rute Jalan Raya Banjarnegara-Wonosobo, lama perjalanan kira-kira 20 menitan dari Banjarnegara.

Nah itu dia sekilas informasi mengenai Tiga Tempat Wisata Favorit Yang Ada Di Banjarnegara. Jangan lupa kalau nanti berkunjung kesana harap untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak meninggalkan sampah dalam bentuk apapun. Selamat Liburan!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


+ 16 = 23