Keistimewaan dan Teknik Pembuatan Batik Tulis

Batik tulis merupakan karya cipta tradisional yang menunjukan ciri khas keragaman etnik dan  budaya,  yang telah berabad-abad diwariskan oleh nenek moyang. Batik (dengan kategori umum)  telah mendapat pengakuan secara internasional oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada 2 Oktober 2009, yang sebelumnya Indonesia juga telah memperoleh pengakuan yang sama terhadap wayang dan keris. Perjuangan itu tentu memerlukan kerja keras pemerintah dan partisipasi masyarakat sebagai pewaris, ahli waris dan pemilik budaya, karena salah satu  syaratnya adalah harus memenuhi disclosure of origin (pengungkapan riwayat asal-usul pengetahuan tradisional termasuk ekspresi budaya tradisional). Sebenarnya, ciptaan yang bersifat original berupa karya asli maupun pengembangannya dapat dilindungi dengan hak cipta, namun demikian kesenian ataupun budaya tradisional yang merupakan kekayaan khasanah budaya bangsa adalah milik bersama yang secara turun temurun dipelihara. Budaya dan karya cipta tradisional  inilah yang menjelma menjadi folklor.

Hal penting yang harus diketahui yaitu pembuatan batik tulis dilakukan dengan cara menuliskan cairan “malam” (wax) pada permukaan kain dengan alat yang disebut “canting”. Proses batik tulis merupakan proses yang cukup rumit, halus, dan paling lama pengerjaannya, sehingga selembar kain batik tulis asli biasanya dijual dengan harga yang tidak murah. Namun inilah yang menjadi kelebihan batik tulis, lebih eksklusif karena murni diproses buatan tangan.

Di Indonesia sendiri, baju batik tulis biasanya hanya dipakai oleh kaum tertentu dan itu pun dipakai saat ada event-event khusus saja, dalam bentuk kemeja lengan panjang atau dress batik modern. Motif batik tulis di Indonesia berkembang tergantung sejarah dan tempat asalnya. Motif batik tulis Jogja dan Solo —yang banyak dipengaruhi budaya dan mitologi Hindu-Jawa, terasa sangat klasik dengan kombinasi warna coklat, kuning, hitam dan putih. Hal ini agak berbeda dengan motif batik tulis pesisiran (pesisir Jawa) seperti Cirebon atau Pekalongan, dengan keragaman akulturasi budayanya menghasilkan batik tulis yang kaya warna dan kontemporer dalam motifnya.

Model Baju Batik

Baju Batik Tulis ini sangat cocok dan terlihat begitu modern. Dipadu dengan gradasi warna yang elok baju batik tulis akan membuat tampilanmu tampak lebih elegant. Berikut ini Saya sajikan beberapa model baju batik yang lebih menonjolkan pada gradasi warna.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


65 + = 69