3 Cara Efektif Melatih Anak Berbicara

Dalam fase kehidupan anak  ada dua proses yang berlangscara-melatih-anak-berbicaraung secara kontinyu dimana proses ini disebut pertumbuhan dan perkembangaan kedua proses ini saling berkesinambungan satu sama lain. adapun beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak dimana dalam proses tersebut adanya pematangan  fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal. pertumbuhan dan perkembangan anak yang normal tahapan awal disebut dengan tahap  tumbuh kembang anak dengan rentan usia 0-6 tahun yang terbagi atas masa pranatal (konsepsi- 8 minggu), masa fetus (9 minggu- lahir),  masa pasca natal  (neonatus 0-28 hari, bayi 29 hari-1 tahun), masa anak 1-2 tahun dan masa prasekolah (3-6 tahun).

Sebagai orang tua yang mempunyai anak dengan rentan umur tersebut hendaknya  memiliki cara-cara untuk dapat berbicara dengan buah hatinya, dimulai dari masa fetus hingga masa prasekolah. ada beberapa cara efektif untuk melatih anak berbicara.

  1. Berbicara dengan menggunakan nada mengalun seperti bernyaanyi

Contohnya seperti seorang ibu yang menyapa anaknya dengan panggilan sayang, atau ucapan salam, tapi pengucapannya dengan sedikit nyanyian dengan nyanyian setiap huruf konsonan dan vokal diucapkan dengan penekanan yang berbeda. sapaan dengan nada tersebut akan membuat buah hati mudah untuk menirukan setiap kata atau kalimat yang diucapkan orangtuanya dan buah hati juga akan mendapat penguasaan kosakata yang lebih banyak karena orangtuanya rutin mengajaknya berbicara atau menyapa.

  1. Berbicara Empat Mata

Belajar menggunakan bahasa akan menjadi lebih efektif apabila orangtua berbicara hanya pada satu anak, karena interaksi yang dilakuakan dengan tatap muka akan membuat otak anak menyala. Dengan adanya hubungan sosial ini juga dapat membuat otak anak menjadi lebih mudah menerima bahsa yang sudah didengarkannya. dengan ini orangtua hendaknya mengenalkan beberapa kata baru ketika berbicara dengan anak.

  1. Ajak Anak mengobrol

Meskipun pada masa bayi anak tidak akan merespon jika orangtuanya mengajak ngobrol, namun dengan cara mengobrol anak akan mempunyai kemampuan bahasa yang meningkat, ada tiga teknik jika orang tua ingin mengobrol dengan anak. Yang pertama Orangtua sebagai pemandu jika saat berjalan atau bersantai dengan anak orang tua bisa menjadi pemandu dengan berbicara kata-kata pada anak, kedua Orangtua bisa mendongengkan cerita kepada anak  bisa pengalaman dan kisah sehari-hari. ketiga orangtua bisa membacakan buku cerita  dengan nada yang berbeda dengan [enekanan kata yang berbeda juga.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


52 + = 61